RPP BAHASA INGGRIS KELAS XI (KD 3.4)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD 3.4 dan 4.4
A.  Identitas Program Pendidikan:

Nama Sekolah       : SMK Negeri 1 Pagelaran
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Komp. Keahlian : Semua kompetensi keahlian
Kelas/Semester     : XI/ 1
Tahun Pelajaran    : 2019-2020
Alokasi Waktu       : 3 x Pertemuan (9 JP x 45 menit)

B.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
     Kompetensi Dasar
3.4  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan
      memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
      benar dan sesuai konteks

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Membedakan (C-2) unsur kebahasaan teks eksposisi analitis ( MODAL AUXLARY VERB)
2.      Mengkomunikasikan(KA-3)  secara lisan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis (MODAL AUXALIARY VERB)

D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan diskusi siswa akan dapat Membedakan  C2)unsur kebahasaan teks eksposisi analitis ( MODAL AUXALIARY VERB) dengan tepat
2.    Melalui kegiatan membaca dan menggali informasi, siswa akan dapat Mengkomunikasikan(KA-3)  secara lisan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis ( MODAL AUXALIARY VERB)dengan benar dan percaya diri

E.     Materi Pembelajaran
Unsur Kebahasaan Teks eksposisi analitis (Modalitily Auxialiry Verb)
a.    Factual :Definisi Modalily Auxaliary Verb 
b.    Konseptual :Jenis dan fungsi Modalily Auxaliary Verb

F.      Pendekatan, Strategi dan Metode
Pendekatan                      : Saintifik
Metode/Strategi               : Diskusi, Tanya jawab, dan permainan(game)
Model                               : Discovery Learning
G.     Kegiatan Pembelajaran
1.   Pertemuan Kedua dan ketiga:
a.   Pendahuluan/Kegiatan Awal (25 menit)


b.   Kegiatan Inti (100 menit)
-          Stimulation ( LITERACY )
1. Siswa diberi motivasi dan rangsangan untuk memusatkan perhatian
    pada jenis dan fungsi MODAL AUXIALIRY VERB dengan cara:
·       Membaca jenis dan fungsi MODAL AUXIALIRY VERB( Language Literacy)
·       Secara berkelompok menuliskan ringkasan jenis dan fungsi MODAL AUXIALIRY VERB(Collaboratif)
-          Verification (CRITICAL THINKING)
1.   Siswa kemudian secara tertulis mencontohkan beberapa kalimat menggunakan MODAL AUXIALIRY VERB (Critical Thinking)
-          Generalization ( COMMUNICATION)
2.   Siswa mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan jenis dan fungsi MODAL AUXIALIRY VERB) dengan benar dan percaya diri (Comunicatif)

c. Penutup (10 menit)
  -      Siswa dengan bimbingan gurumenyimpulkan materi tentang jenis dan
         fungsi MODAL AUXIALIRY VERB
  -      Guru menyampaikan rencana pembelajaran sekaligus mengarahkan     
         siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dipelajari pada
         pertemuan berikutnya

H.   Alat/Bahan  dan Media Pembelajaran
  • Alat / bahan   : Audio, Suara guru,buku
  • Media              : Flash card dan beberapa gambar
                       
I.     Sumber Belajar
     Buku siswa K13, Buku guru K13, kamus, gambar, audio.




J.   Penilaian Pembelajaran
1.   Teknik Penilaian:
a.            Sikap(Observasi)
b.            Pengetahuan( Tes tulis uraian)
c.             Keterampilan (praktik)

2.   Instrumen Penilaian
a.   Sikap
1.    Pedoman penialian
No
Aspek yang dinilai
Teknik penilaian
Waktu penilaian
1
a.         Berani menyampaikan ide dan gagasan


b.        Kerjasama secara aktif pada saat diskusi kelompok

c.         Percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil diskusi
observasi
Pada awal pembelajaran saat apersepsi

Pada saat kegiatan diskusi

Pada saat tes praktik

2.    Rubrik Penilaian sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
  1. Berani menyampaikan ide dan gagasan




b.        Kerjasama secara aktif pada saat diskusi kelompok







c.         Percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil diskusi
3. Siswa dengan penuh keyakinan berani menyampaikan ide
    dan gagasan
2. Siswa ragu-ragu dalam menyampaikan ide dan gagasan
1. Siswa tidak bisa menyampaikan ide dan gagasan

3. Siswa secara aktif bekerjasama dalam kelompok saat diskusi  
    berlangsung
2. siswa mendengarkan tanpa memberikan respon atau
    komentar saat diskusi berlangsung
1. siswa tidak mendengarkan dan merespon pendapat teman
    saat diskusi berlangsung

3. siswa percaya diri dalam mengkomunikasin hasil diskusi
2. siswa malu-malu saat menyampikan hasil diskusi
1. siswa tidak percaya diri dalam mengkomunikaisn hasil diskusi













b.   Pengetahuan
Uraian
Kisi-kisi Tes tulis

Nama Sekolah               : SMKN 1 PAGELARAN
Kelas/Semester             : XI/Semester I
Tahun pelajaran           : 2019/2020
Paket Keahlian             : Semua paket keahlian
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kompetensi dasar        : 3.4
Penilaian                      : Harian

No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
1.     1
1




3.4Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.1Membedakan (C-2) unsur kebahasaan teks eksposisi analitis ( MODAL AUXLARY VERB)Menelaah fungsi sosial dan struktur teks dan unsur  kebahasaan Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
MODAL AUXLARY VERB
1.Disajikan soal uraian tentang berbagai jennis dan fungsi MODAL AUXLARY VERB. Siswa dapat menjawab soal tersebut dengan tepat
L1
Uraian
1-5



KARTU SOAL
KARTU SOAL
(URAIAN)
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris                
Kelas/Semester     : XI/ 1                  
Kompetensi Dasar
3.4Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
Materi
MODAL AUXLARY VERB
Indikator Soal
1.Disajikan soal uraian tentang berbagai jennis dan fungsi MODAL AUXLARY VERB. Siswa dapat menjawab soal tersebut dengan tepat
Level Kognitif
L1

Please answer the questions about MODAL AUXALIARY VERB correctly !


1.    Situation : the weather of day is very hot and it makes Jhon feel thirsty. He need to go to the canteen to drink a glass of water. But Jhon is now at the class of Mr Lukman. What will probably John to ask permissin to leave the class?
____________________________________

2. Situation : Defly and Diana has loved each others for years. Now defly   
     want to ask her to marry. To express his willing, what will Defly say?
____________________________________

3.    Situation: The finnal test will be done next week and the teacher want his students get the good score. To express of the obligation, what the teacher wil say?
____________________________________

4.    Situation : At English class Heru must write some task but he doesn’t have a pen. Nita, his friend has 2 pens. What Heru say to request the pen?
____________________________________

5.    Situation : Angga is going to Rena Birthday party and he will ask Joko to go with. What will Angga say to Rena?
____________________________________


Kunci Jawaban
1.    Excuse me, may I go to canteen?
2.    Will you marry me?
3.    You must study hard !
4.    Can I borror your pen, please ?
5.    Would you like to go with me?


Rubrik penilaian
No Soal
Pedoman penskoran
skor
1-5
-                                           Jawaban dan gramatika penulisan benar
-                                           Jawaban benar namun gramatika penulisan salah
-                                           Jawaban salah namun gramatika penulisan benar
-                                            
20
10
10

Nilai =Jumlah soal x bobot nilai maksimal
        =         5       x             20           
        =         100


c.   Keterampilan
Tes praktik, skala penilaian (rubrik)
 Soal :
1.    Please give me the example of sentence using Modal Auxaliary Verb and say it clearly !

Rubrik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Score
Maksimal
1
Pengucapan (Pronuncation)
-        Hampir Sempurna =  25
-        Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna = 20
-        Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna = 15
-        Banyak kesalahan dan mengganggu makna = 10
-        Terlalu banyak kesalahan dan mangganggu makna = 5
25
2
Intonasi (Intonation)
-        Hampir Sempurna =  25
-        Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna = 20
-        Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna = 15
-        Banyak kesalahan dan mengganggu makna = 10
-        Terlalu banyak kesalahan dan mangganggu makna = 5
25
3
Kelancaran (Fluency)
-        Sangat lancar = 25
-        Lancar = 20
-        Cukup lancar = 15
-        Kurang lancar = 10
-        Tidak lancar = 5
25
4

Ketelitian
(Gramatical Accuracy)
-        Sangat teliti =25
-        Teliti = 20
-        Cukup teliti = 15
-        Kurang teliti = 10
-        Tidak teliti = 5
25
Jumlah Skor

100

Nilai keterampilan = aspek yang dinilai x skor maksimal
                             =               4             x       25
                             = 100

                                                                                 Pagelaran, 30 Oktober 2019
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Pagelaran                                            Guru Mata Pelajaran



Sudirman, S.Pd.,M.Si                                                    Emi Yunaningsih,S.S
NIP. 197003281992031004                                           NUPTK.3358762664300063

Comments

  1. Casinos with Free Spins for Canadians
    If you want to get more ways to spend your time, your next step is to use the 바카라양방 Bonus 토토 사이트 운영 Type – once you know where to 승인전화없는 토토 꽁머니 play. Bonus Type: Free spins 슬롯 나라 bonus 토 타임 spins with bonus spins.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

RPP BAHASA INGGRIS KELAS X KD 3.9

VETA CUP 2 KAB.CIANJUR

RPP Bahasa Inggris Kelas X