Kelas Cemara


Memasuki era milenium baru ini, kita dihadapkan pada tantangan yang luar biasa massive. Tantangan tersebut yaitu hadirnya teknologi berupa internet.  Ini pula yang menjadi penanda hadirnya revolusi industri 4.0. Istilah inilah yang paling tidak belakangan ini mucul dan akrab di telinga kita, khususnya di telinga guru-guru dan siswa. Ya, revolusi industri 4.0 menjadi salah satu alasan munculnya istilah-istilah baru dalam dunia pendidikan khususnya.  Bagaimana tidak, karena pendidikan lah yang menjadi barometer penentu maju mundurnya sebuah bangsa. Tuntutan revolusi industri 4.0 melahirkan kebijakan dan aturan yang selama ini sudah lama melekat dalam sistem pembelajaran kita saat ini. Namun mau tidak mau sebagai pendidik kita pun tidak boleh menutup mata dan malas-malasan dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme kita sebagai guru.
Dalam rangka memperingati hari anak internasional, ada aturan agar kegiatan pembelajaran dilaksanakan di luar kelas. Tentu saja hal ini diamini oleh sabagian guru. Mereka yang mulai merasa jenuh dan kaku di kelas mengambil momentum ini untuk melaksanakan kegiatan di luar ruangan. Belajar di luar kelas atau di tempat terbuka sesekali harus dilakukan agar siswa dan guru tidak merasa bosan, selain itu belajar di luar kelas bisa menambah semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Ruang terbuka apalagi dengan dikelilingi oleh pohon dan bunga dapat meningkatkan konsentrasi sekaligus antusias belajar siswa.
Model pembelajaran abad 21 yang menuntut siswa berfikir kritis, kreatif, inovatif, kolaboratif dan komunikatif tidak harus dikemas atau diseting dalam situasi kelas yang kaku dan monoton. Pembelajaran juga dapat efektif dilaksanakan di luar kelas sepanjang guru dalam hal ini sebagai fasilitator dapat memberikan stimulus dan bimbingan yang tepat kepada siswanya  sebelum, salama, dan sampai akhir kegiatan pembelajaran selesai.  Kegiatan pembelajaran di luar kelas memberikan dampak positif terhadap keberhasilan siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Dampak langsung yang terlihat adalah siswa lebih percaya diri dalam menunjukan kemampuanya baik dalam sikap, pengetahuan, maupun keterampilnya.
Namun demikian belajar di luar ruangan atau di luar kelas tidak sepenuhnya berdampak positif baik untuk siswa ataupun guru. Kegiatan seperti ini juga tidak bisa dilakukan kapan saja mengingat banyak hal yang harus diperhatikan diantaranya kondisi siswa dan cuaca. Oleh karena itu sebelum melakukan kegiatan pembelajaran di ruang terbuka atau di luar kelas. Ada baiknya guru memperhatikan dampak baik dan buruknya dari kegiatan tersebut. Berikut ini dampak positif dan negatif kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di ruang terbuka baik untuk guru ataupun siswa.

Dampak Positif
1.        Suasana belajar yang tidak biasa dalam hal ini belajar di ruang terbuka atau di luar kelas membuat siswa antusias dan semangat dalam belajar
2.        Siswa lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya baik dalam kegiatan diskusi maupun saat presentasi
3.        Siswa dan guru lebih akrab dan terbuka dalam komunikasi
4.        Siswa lebih kreatif dalam menunjukan keterampilannya khususnya pada saat mendemontrasikan satu kegiatan
5.        Siswa lebih menghargai dan menghormati guru
Dampak Negatif
1.        Kegiatan pembelajaran di ruang terbuka atau di luar kelas membatasi siswa dalam kegiatan menulis karena tidak ada meja yang biasa digunakan sebagai alas. Oleh karena itu disarankan agar guru dapat meminimalisir kegiatan menulis sepanjang pembejaran di luar kelas.
2.        Konsentrasi siswa terpecah karena banyak gangguan baik itu gerakan manusia, suara dsb. Oleh karena itu guru harus lebih kreatif khususnya dalam mendisain kegiatan pembelajaran agar fokus siswa hanya berpusat ke guru dan materi belajar.

Melihat perubahan zaman yang serba cepat dan massive ini, guru  semakin dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembejaran. Dalam rangka menyongsong milenium baru dan mengahadapi tantangan revolusi industri 4.0 menjadi pemicu semangat dalam membimbing siswa agar menjadi siswa yang unggul di masa mendatang. Dan, praktik pembelajaran di ruang terbuka atau di luar kelas dapat menjadi pilihan untuk dilaksanakan dengan harapan agar siswa dapat memahami pelajaran dengan lebih baik.  Sehingga target menciptakan siswa-siswa yang unggul dapat tercapai








Comments

Popular posts from this blog

RPP BAHASA INGGRIS KELAS X KD 3.9

VETA CUP 2 KAB.CIANJUR

RPP Bahasa Inggris Kelas X