RPP BAHASA INGGRIS KELAS XI MATERI EXPLANATION TEXT

 

                                                                                                              

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah                 : SMK Negeri 1 Pagelaran

Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris

Komp. Keahlian               : TKJ/TPHH/ATPH

Kelas/Semester               : XI/ 1

Topic                                   : Explanation Text

Alokasi Waktu                 : 4 x Pertemuan (12 JP x 40 menit)

 

A.      Kompetensi Inti

3.1     Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.1     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar 3 dan 4

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain

1.       Menemukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasan dalm Teks explanasi.

2.       Memberikan contoh text explanasi.

 

4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata  pelajaran lain di kelas XI

1.       Menuliskan text eksplanasi sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar.

2.       Menyajkan teks explanasi lisan dan tulis.

 

C.      Tujuan Pembelajaran

 

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, peserta didik diharapkan terampil:

1.       Mengidentifikasi explanation text dengan menuliskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang tepat.

2.       Secara berkelompok menuliskan explanation text sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang tepat.

3.       Menyajikan explanation text secara lisan dan tulis dalam bentuk gambar dan video.

sehingga setelah pembelajaran, peserta didik dapat mencapai KKM secara bertanggung jawab,

kratif, dan percaya diri.

D.        Model, Pendekatan, dan Metode

Model           : Project Based Learning

Pendekatan : Saintific

Metode        : Diskusi kelompok, tanya jawab

E.       Media dan Bahan

Media :1. Bahan ajar             : anyflip (https://online.anyflip.com/ijmxo/ebmy/mobile/)

                                                                https://online.anyflip.com/ijmxo/swhz/mobile/

             2. Social Media          : Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=MK5yZrGpQNo)

 

          

F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke 1

1.          Pendahuluan (10  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Orientasi

 

 

 

Apersepsi

 

 

 

 

Motivasi

 

 

1.Guru menyapa peserta didik mengucapkan Assalamualaikum Hello how are you today? Agar Englis environmnet dapat tercipta.

2.Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama sebagai rasa syukur kepada Allah ( Religiusitas).

 

3.Guru menanyakan tentang fenome alam yang sedang terjadi (hujan)

4.Peserta didik diminta menyebutkan contoh fenomena alam terutama yang terjadi di sekitar.

 

5.Guru memberikan motivasi awal kepada peserta didik dengan memberikan penjelasan mengenai manfaat mempelajari materi yang akan dibahas.

 

 

2.   Inti (100  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Penentuan pertanyaan mendasar

 

1. Peserta didik diberikan pertanyaan mendasar seputar materi yang akan dipelajari. Pertanyaan itu berkaitan dengan fenomena alam yang terjadi yaitu hujan. Pertanyaan  disusun dalam sebuah lembar dan dilampiri dengan teks berjudul How does rain fall.

2. Untuk menjawab pertanyaan mendasar ini peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana masing-masing kelompok berjumlah 4 orang.

Mendesain perencanaan proyek

1.  Setelah menjawab pertanyaan mendasar, peserta didik bersama guru merancang jenis projek yang akan dibuat. Projek yang akan dibuat yaitu gambar dan video tentang teks explanasi ( Explanantion text)

Menyusun jadwal

 

 

1. Peserta didik bersama-sama menyusun jadwal untuk menyelesaikan projek.

 

 

3.   Kegiatan penutup  (10  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Kesimpulan

1.Peserta didik menyimpulkan materi dan kegiatan yang telah dilaksanakan

 

 

Refleksi

 1.Peserta didik menyampaikan refleksi tentang kelemahan dan kekuatan dalam mempelajari dan melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini

Feedback

1. Guru memberikan feedback dan mengucapkan terimaksih atas semangat siswa dalam belajar

Pemberian tugas

 

1.Peserta didik mendapatkan tugas untuk dibawa pada pertemuan mendatang. Tugas yang dibuat adalah satu contoh teks explanasi sesuai judul yang sudah ditentukan oleh masih-masing kelompok.

 

Pertemuan ke 2

Pendahuluan ( 10 menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Orientasi

 

1.Guru menyapa peserta didik mengucapkan Assalamualaikum Hello how are you today? Agar Englis environmnet dapat tercipta.

2.Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama sebagai rasa syukur kepada Allah ( Religiusitas).

Apersepsi

 

1. Guru menanyakan materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Motivasi

 

1.Guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dan fokus dalam melaksankan kegiatan pembelajaran

2. Guru memberikan penjelasan dan menyampaikan kriteria penialaian dalam membuat projek

 

 

 

2.  Kegiatan  Inti (100  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Memonitor peserta didik dan kemajuaan projek

 

1.        Peserta didik bersama-sama dengan teman dalam kelompoknya mengidentifikasi text explanasi dan menuliskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar.

2.       Peserta didik bersama-sama dengan teman dalam kelompoknya mulai merancang teks ekplanasi yang akan mereka jadikan projek. Projek yang dibuat adalah gambar atau vidio sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya.

3.       Guru memonitor sekaigus menilai perkembangan projek yang dibuat oleh peserta didik.

 

 

 

3.   Kegiatan penutup  (10  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Kesimpulan

1.Peserta didik menyimpulkan materi dan kegiatan yang telah dilaksanakan

 

 

Refleksi

 1.Peserta didik menyampaikan refleksi tentang kelemahan dan kekuatan dalam mempelajari dan melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini

Feedback

2. Guru memberikan feedback dan mengucapkan terimaksih atas semangat siswa dalam belajar

Pemberian tugas

 

1.Peserta didik mendapatkan tugas untuk dibawa pada pertemuan mendatang. Tugasnya adalah membawa alat dan bahan yang akan dibuat untuk menyelesaikan projek.

Pertemuan ke 3

Pendahuluan ( 10 menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Orientasi

 

1.Guru menyapa peserta didik mengucapkan Assalamualaikum Hello how are you today? Agar Englis environmnet dapat tercipta.

2.Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama sebagai rasa syukur kepada Allah ( Religiusitas).

Apersepsi

 

1.Guru menanyakan materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Motivasi

 

1.Guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dan fokus dalam melaksankan kegiatan pembelajaran

2. Guru mengingatkan peserta didik untuk semakin semangat dalam menyelesaikan projek

 

 

 

3.  Kegiatan  Inti (100  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Memonitor peserta didik dan kemajuaan projek

 

1.        Peserta didik bersama-sama dengan teman dalam kelompoknya menyelesaikan projek yang mereka rancang.

2.       Guru memantau sekaligus menilai kegiatan siswa

 

 

 

 

 

 

 

3.   Kegiatan penutup  (10  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Kesimpulan

1.Peserta didik menyimpulkan materi dan kegiatan yang telah dilaksanakan

 

 

Refleksi

 1.Peserta didik menyampaikan refleksi tentang kelemahan dan kekuatan dalam mempelajari dan melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini

Feedback

3. Guru memberikan feedback dan mengucapkan terimaksih atas semangat siswa dalam belajar

Pemberian tugas

 

1.Peserta didik mendapatkan tugas untuk dibawa pada pertemuan mendatang. Tugasnya adalah membawa produk yang mereka buat untuk selanjutkan dipresentasikan dan diuji oleh guru.  

 

       Pertemuan ke 4

a.       Pendahuluan ( 10 menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Orientasi

 

1.Guru menyapa peserta didik mengucapkan Assalamualaikum Hello how are you today? Agar Englis environmnet dapat tercipta.

2.Guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama-sama sebagai rasa syukur kepada Allah ( Religiusitas).

Apersepsi

 

1. Guru menanyakan materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

Motivasi

 

1.Guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dan fokus dalam melaksankan kegiatan pembelajaran

2. Guru mengingatkan peserta didik untuk semangat dalam menyajikan produk yang sudah dibuat

 

 

 

b.  Kegiatan  Inti (100  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Menguji hasil

 

1.        Peserta didik bersama-sama dengan teman dalam kelompoknya menyajikan produk yang sudah dibuat

2.       Guru menguji produk yang sudah dibuat oleh peserta didik

3.       Semua peserta didik melihat langsung hasil karya atau produk dari semua kelompok.

Mengevaluasi hasil

1.         Peserta didik diberikan kesempatan untuk saling mengevaluasi produk dari masing-masing kelompok

2.         Guru dan peserta didik mengevaluasi semua produk yang sudah dibuat dan ditampilkan.

 

 

 

 

 

c.   Kegiatan penutup  (10  Menit)

Sintak

Langkah-langkah Kegiatan

Kesimpulan

1.Peserta didik menyimpulkan materi dan kegiatan yang telah dilaksanakan

 

 

Refleksi

1.Peserta didik menyampaikan refleksi tentang kelemahan dan kekuatan dalam mempelajari dan melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini

Feedback

1.Guru memberikan feedback dan mengucapkan terimaksih atas semangat siswa dalam belajar

 

G.        Penilaian

 

              1.     Pengetahuan:  Menjawab soal objectivetest tentang materi text explanasi (Explantion text)

              2.     Keterampilan: Secara berkelompok membuat produk berupa gambar dan video tentang explantion text

              3.     Sikap: bertanggung jawab, disipin, kerjasama.

 

H.   Program Tindak Lanjut

1. Remedial

       Peserta didik yang belum mencapai KKM (76) diberi tugas untuk menganalisis text explanasi dan mengerjakan soal objective test

2. Pengayaan

Bagi peserta didik yang mempunyai nilai di atas 76 diberi pengayaan berupa tugas kelompok untuk membuat refleksi tentang projek yang sudah dilaksanakan

 

 

 


                                                                                                                        Pagelaran, November 2022

Kepala Sekolah,                                                                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Faisal Sandi, S.Pd, M.Pd                                                                                                     Emi Yunaningsih,S.S

NIP. NIP 19850410201001107                                                                              NUPTK. 3358762664300063

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

1. BAHAN AJAR

1.  Slide yang dibuat dalam bentuk digital yang dapatdiaksesoleh siswa kapanpun dan dimanapun.

anyflip (https://online.anyflip.com/ijmxo/ebmy/mobile/)

         https://online.anyflip.com/ijmxo/swhz/mobile/

       2. Social Media         : Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=MK5yZrGpQNo)

 

 

 

 

2. LKPD 1

LKPD 2

ANSWER KEYS AND POIN

LKPD 1

1.    To explain the process of rain ( 5)

2.    The rain(5)

3.    The heating of sun to he earth surface of water(5)

4.    When the droplets are heavy(5)

5.    No, because some evaporates falling through the dry air(5)

6.    some evaporates falling through the dry air and usually seen in hot and dry desert region.(5)

7.    (15)

8.    (15)

9.    (20)

10. (20)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                   INSTRUMEN PENILAIAN PROJEK

Kelompok                                     :...................................................................

Anggota Kelompok                    :...................................................................

                                                     ....................................................................

                                                     ....................................................................

                                                     ....................................................................

Nama Projek                                :...................................................................

 

Nilai                                                :

Deskripsi nilai

NO

Aspek Penilaian

Nilai

7

8

9

10

1

Perencanaan

 

 

 

 

a. Disain

 

 

 

 

b. Tahapan Pembuatan

 

 

 

 

2

Proses Pembuaatan

 

 

 

 

a. Persiapan alat dan bahan

 

 

 

 

b. Kreatifitas

 

 

 

 

c. Inovasi produk

 

 

 

 

d. Kerjasama dalam kelompok

 

 

 

 

b. Ketepatan waktu dalam menyelesaikan projek

 

 

 

 

3

Hasil /Produk

 

 

 

 

a. Visual produk

 

 

 

 

b. Kesesuaian antara desain dan produk

 

 

 

 

c. Manfaat produk

 

 

 

 

 

                                                                                                                                            Guru Mata pelajaran

                                                                                                                                         

                                                                                                                                              Emi Yunaningsih, S.S

                                                                                                                                       NUPTK. 3358762664300063

                                                                        

 

RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN

Aspek

Kriteria

Deskripsi

Score

Perencanaan

Disain

Desain tidak jelas

70

Desain cukup jelas

80

Desain sangat jelas

90

Desain sangat jelas dan detail

100

Tahap Pembuatan

Tahapan  tidak disusun

70

Tahapan disusun seadanya

80

Tahapan disusun dengan baik

90

Tahapan disusun dengan terperinci dan detail

100

Proses pembuatan

Persiapan alat dan bahan

Alat dan bahan kurang dipersiapkan

80

Alat dan bahan cukup dipersiapkan

90

Alat dan bahan dipersiapkan dengan baik

100

Kreatifitas

Kurang kreatif dalam membuat produk

80

Cukup kreatif dalam membuat produk

90

Sangat kreatif dalam membuat produk

100

Inovatif

Kurang inovatif dalam membuat produk

80

Cukup inovatif dalam membuat produk

90

Sangat inovatif dalam membuat produk

100

Kerjasama

kerjasama dalam kelompok kurang baik

80

kerjasama dalam kelompok cukup baik

90

Kerjasama dalam kelompok sangat baik

100

Ketepatan waktu

Projek selesai melebehi waktu yang disepakati

90

Projek selesai tepat waktu

100

Hasil/ Produk

Visual produk

Tampilan produk kurang menarik

80

Tampilan produk cukup menarik

90

Tampilan produk sangat menarik

100

Kesesuaian desain dan poduk

Produk dan desain tidak  sesuai

80

Produk dan desain kursng sesuai

90

Produk dan desain cukup sesuai

100

Manfaat Produk

Produk cukup bermanfaat

90

Produk sangat bermanfaat

100

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN SIKAP

 

No

Nama Siswa

Kriteria

Score

Bertanggung Jawab

Disiplin

Kerjasama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria:

BT  (Belum Tampak)                            skor 1

MT  (Mulai Tampak)                            skor 2

MM (Tampak Jelas)                             skor 3

 

Comments

Popular posts from this blog

RPP BAHASA INGGRIS KELAS X KD 3.9

VETA CUP 2 KAB.CIANJUR

RPP Bahasa Inggris Kelas X