Contoh model pembelajaran Kurikulum 2013 mata pelajaran Biologi
Kurikulum 2013
sejatinya bertujuan untuk merubah mind set peserta didik dengan lebih
mengutamakan nilai-nilai spiritual dan akhlak.
Nilai spiritual diantaranya dinilai dari sikap peserta didik ketika di
dalam dan di luar kelas. Nilai spiritual diantaranya berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu, mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT, memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/prestasi, mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Allah SWT saat melihat
kebesaran-Nya, merasakan keberadaan dan kebesaran Allah SWT saat mempelajari
ilmu pengetahuan. Sementara nilai sosial diantaranya jujur, disiplin, tanggung
jawab, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri. Penilaian terhadap spiritual dan sosial tercantum
dalam KI 1 dan 2 sementara K3 dan K4 merupakan pengetahuan dan keterampilan.
Berdasarkan
peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia No 70 Tahun 2013
Kurikulum 2013 dikembangkan dengan
beberapa penyempurnaan pola pikir diantaranya:
1) pola pembelajaran
yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta
didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan
terhadap materi yang dipelajari untuk
memiliki kompetensi yang sama;
2) pola pembelajaran
satu arah (interaksi guru-peserta didik) menjadi pembelajaran interaktif
(interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan
alam, sumber/ media lainnya);
3) pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran
secara jejaring (peserta didik dapat
Menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana
saja yang dapat dihubungi serta diperoleh
melalui
internet);
4) pola pembelajaran
pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif
mencari semakin diperkuat dengan model
pembelajaran pendekatan sains);
5) pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok
(berbasis tim);
6) pola pembelajaran alat tunggal menjadi
pembelajaran berbasis alat multimedia;
Berdasarkan penjelasan di atas maka setiap
guru dituntut untuk lebih kreatif dalam
menyusun dan merancang rencana
pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan
sesuai dengan apa yang tercantum dalam tujun
kurikulum 2013.
Berbagai media dilakukan dan
dikembangkan untuk memperlancar proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan
tujuan pendidikan yang tercantum dalam standar kompetensi lulusan. Salah satu
model pembelajaran yang sering dipakai oleh guru adalah discovery learning
dengan menggunakan berbagai media. Media
yang dilakukan bisa beragam bergantung pada materi pelajaran.
Berikut adalah
gambar peserta didik yang sedang melaksanakan kegiatan belajar menggunakan
model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientifik approach dan
menggunakan teknik pengamatan, praktik, serta diskusi.
Comments
Post a Comment