RPP BAHASA INGGRIS KELAS X KD 3.9


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD 3.9 dan 4.9

A.         Identitas Program Pendidikan, meliputi:

Nama Sekolah                         : SMK Negeri 1 Pagelaran
Mata Pelajaran                       : Bahasa Inggris
Komp. Keahlian                       : Semua Program Keahlian
Kelas/Semester                       : X/1
Tahun Pelajaran                      : 2017-2018
Alokasi Waktu                         : 4 X pertemuan ( 12 JP X 45 Menit)

B.         Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
            Kompetensi Inti
1.Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Bahasa Inggris Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
            Kompetensi Dasar
1.KD pada KI Pengetahuan
3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
2.KD pada KI keterampilan
4.9 Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.

B.                 Indikator Pencapaian Kompetensi
1.9.1        Menjelaskan (C2) struktur teks dan unsur kebahasaan memo, menu,
schedule dan signs terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
            3.9.2    Menemukan (C3) informasi tersurat dan tersirat teks bentuk memo, menu, schedule dan signs sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
            3.9.3    Menganalisis (C4) struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks
                        dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs terkait kegiatan sekolah
                        atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja..
1.9.1        Melengkapi (P3) teks rumpang pada memo, menu, jadwal dan tanda-
            tanda (signs).
            4.9.2    Menyempurnakan (P4) kalimat- kalimat acak pada teks memo, menu,
                           jadwal dan tanda-tanda (signs)  struktur teks dan unsur kebahasaan.

C.                 Tujuan Pembelajaran
§  Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu Menjelaskan (C2) struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs yang disajikan dengan benar. 
§  Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu Menemukan (C3) informasi tersurat dan tersirat teks bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan tepat struktur teks dan unsur kebahasaan.
§  Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu Menganalisis (C4) struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan benar.
§  Disediakan teks rumpang pada bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs), peserta didik mampu melengkapinya dengan benar.
§  Disediakan kalimat-kalimat acak pada teks memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs), peserta didik mampu menyempurnakannya dengan benar.


D.                 Materi Pembelajaran
         memo, menu, schedule dan signs

E.         Pendekatan, Model dan Metode
            Pendekatan     :           Saintifik
            Model              :           Discovery Learning
            Metode           :           Diskusi kelompok, tanya jawab, penggalian informasi, drill
                                                     (latihan)

F.         Kegiatan Pembelajaran
            Pertemuan Kesatu
a.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
-          Guru masuk kelas dan mengucapkan Assalamualaikum
-          Guru menyapa siswa menggunkan bahasa Inggris agar English environment dapat tercipta di setiap pertemuan
-           
-          Gerakan literasi ( Siswa bersama dengan guru membaca Al-quran sebanyak 10 ayat)
-          Guru memberikan motivasi awal kepada siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana kepada siswa misalnya” Bagaimana perasaan kalian pagi ini” , “ apakah kalian senang”?
-          Guru Memeriksa kehadiran siswa( siswa diminta menyebutkan 3 buah kosakata berhubungan dengan tema “ transportation”
-          Guru mengarahkan siswa dengan materi yang akan dipelajari
-          Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dan menjelaskan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti (110 menit)
a.       Stimulation
-          Siswa mengamati  beberapa gambar sign and simbol
-          Siswa bersama guru bertanya jawab tentang sign and simbol yang ada di buku  
b.      Problem Statement
-          Siswa bertanya jawab secara terbimbing tentang struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks bentuk  signs.
c.       Data Collection
-          Siswa secara mandiri terbimbing mencari tanda-tanda dan simbol-simbol di internet
d.      Verification.
-          Siswa kemudian menggambarkan tanda-tanda dan simbol-simbol temuanya di buku catatan masing-masing.
e.      Generalization
-          Siswa mempresentasikan tanda dan simbol temuannya, sementara siswa lain menebak arti tanda dan simbol tersebu.

-           Penutup (10 menit)
            -           Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran hari itu
            -           Guru membimbing peserta didik untuk merefleksi
            -           Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
                        Berikutnya

G.       Alat/Bahan  dan Media Pembelajaran
Media
:
 Power Point, video.
   Alat              
:
Infocus, laptop, speaker active.

H.       Sumber Belajar
          Internet, buku

I.          Penilaian Pembelajaran
1.         Teknik Penilaian
1.1     Penilaian Pengetahuan   :  tes tulis
1.2     Penilaian Keterampilan  :  unjuk kerja
2.    Instrumen Penilaian
2.1     Penilaian Pengetahuan


Rubrik Penilaian Pengetahuan
No
Pedoman Penskoran
Skor maksimal.
1
Tanda dan simbol digambar dengan benar dan rapi
Tanda dan simbol  digambar dengan benar namun tidak rapi
Tanda dan simbol digambar tidak benar namun rapi
Tanda dan simbol digambar tidak dengan benar dan rapi




100
80
70
60

Skor maksimal
100

Rubrik penilaian Keterampilan
No
Pedoman Penskoran
Skor maksimal
1.

2.

3.

4.
Soal dijawab dengan benar, menggunakan tata bahasa yang tepat dan pengucapan yang fasih
Soal dijawab dengan benar, menggunakan tata bahasa yang kurang  tepat dan pengucapan yang fasih
Soal dijawab dengan benar, menggunakan tata bahasa yang kurang  tepat dan pengucapan yang kurang fasih
Soal dijawab kurang tepat, menggunakan tata bahasa yang kurang  tepat dan pengucapan yang kurang fasih
100

90

80

70

Total
100

                                                                                                      Pagelaran, 06 Februari 2019
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Pagelaran                                                         Guru Mata Pelajaran



Sudirman, S.Pd.,M.Si                                                                 Emi Yunaningsih,S.S______
NIP. 197003281992031004                                                     NUPTK.3358762664300063







Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Inggris Kelas X

VETA CUP 2 KAB.CIANJUR